Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UPT Museum Balanga Kenalkan Cara Merawat Mandau Kepada Siswa SMA

  • Oleh Hendri
  • 09 Maret 2020 - 20:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Museum Balanga
menggelar kegiatan pengenalan cara membersihkan dan merawat senjata khas dayak jenis Mandau kepada pelajar tingkat SMA di Palangka Raya, Senin 9 Maret 2020.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengatakan, kegiatan ini bertujaun untuk menambah wawasan pelajar agar lebih mengenal kebudayaanya.

Dia menilai, sudah seharusnya untuk menjaga dan merawat benda bernilai sejarah seperti Mandau. Sebab itu upaya pelestarian terhadap peninggalan leluhur ini harus diwariskan secara turun temurun untuk generasi muda.

"Merawat museum maupun koleksi di dalamnya memerlukan ketelatenan dan pengetahunan, contohnya Mandau. Disamping datang berkunjung ke museum, pelajar juga dapat pengetahuan bagaimana merawat  benda yang memiliki nilai historis," kata Guntur Talajan.

Sementara itu Kepala UPT Museum Balanga, Hasanudin mengharapkan, melaui kegiatan ini mampu menumbuh kembangkan kecintaan generasi muda terhadap benda-benda pusaka warisan budaya yang ada di Kalteng.

"Selama ini Museum Balanga secara rutin mengadakan upacara ritual Tantulak Dahiang Ramu Palus Balian Manyandingen Ganan Ramu, atau upacara ritual untuk menghilangkan pengaruh-pengaruh yang tidak baik di museum. Khusus kali ini kita ajarkan bagaimana perawatan benda yang ada di museum," jelasnya.

Sejumlah tokoh Kalteng, seperti Lewis KDR, Napa J Awat  serta tokoh adat lainnya, berkesempatan memberikan pemaparan terkait benda-benda pusaka yang ada di museum tersebut. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru