Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Karimun Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pariwisata Seruyan Bisa Jadi Sumber PAD Potensial

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 10 Maret 2020 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kalangan DPRD Seruyan menilai jika sektor pariwisata bisa dikembangkan secara maksimal dipastikan dapat dijadi  sumber paling potensial pendapatan asli daerah (PAD).

“Pariwisata bisa dijadikan sektor potensial untuk menghasilkan PAD, namun harus dibarengi dengan pengembangan yang maksimal” kata Ketua Komisi III DPRD Seruyan, Muhtadin, Selasa, 10 Maret 2020

Menurutnya jika Pemerintah Kabupaten Seruyan ingin menjadikan pariwisata sebagai sumber PAD potensial, maka hendaknya objek wisata dikembangkan lebih serius seperti Pantai Sungai Bakau, Danau Sembuluh, dan lainnya.

"Seruyan punya banyak objek wisata, tinggal nanti bagaimana komitmen pemerintah daerah terkait pengelolaan dan pengembangannya," katanya.

Terkait dengan pengelolaan objek wisata, pihaknya menyarankan memang harus dilakukan pengkajian dan perencanaan yang lebih matang agar hasilnya maksimal.

Misalnya jika memang hendak diserahkan pengelolaannya kepada pihak ke 3 seperti Pantai Sungai Bakau, maka harus dilakukan pengkajian terkait masalah teknis dan non teknis seperti pembagian hasil serta perhitungan PAD setiap tahun.

"Kami memang menyarankan agar Pantai Sungai Bakau, bisa di kelola oleh pihak ke 3, hal ini dalam rangka untuk memaksimalkan pengelolaannya, namun semuanya harus terencana secara baik hingga hasilnya akan maksimal,” pungkasnya. (FAHRUL/B-6)

Berita Terbaru