Mahasiswa Termotivasi Integritas Manajemen Perusahaan Sawit

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Maret 2020 - 20:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sejumlah peserta Short Training Entrepreneur Muda Kalteng Berkah termotivasi dengan integritas tinggi yang dijalankan manajemen PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS.

 
Enrico Rafael Siahan, seorang mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Palangka Raya mengatakan, "Kami sangat termotivasi dengan integritas yang dijalankan para pekerja dan tim manajemen sehingga bisa sebesar ini," katanya, di kawasan Sulung, Kotawaringin Barat, Selasa, 10 Maret 2020.

Ia pun berkesempatan menanyakan kepada pemilik CBI Group H Abdul Rasyid AS, bagaimana cara seorang pemimpin membentuk dan mempertahankan integritasnya.

H Abdul Rasyid menyampaikan, membangun integritas dalam tim itu dimulai dari pemimpinnya terlebih dahulu. Seorang pemimpin harus memberikan contoh dan seorang pemimpin itu harus bertanggungjawab.

"Saya selalu bilang baik kalau kinerjanya baik, dan saya tidak pelit kasih jempol. Kemudian kalau ada yang kurang baik atau tidak sesuai, kita tanya apa permasalahannya. Sehingga terjalin komunikasi yang baik, dan berikan hak-hak pekerja, sehingga sama-sama memiliki tanggungjawab," ungkapnya.

Dalam kunjungan mahasiswa ke perkebunan milik SSMS ini, pihak perusahaan mengajak para mahasiswa yang merupakan generasi millenial untuk berwirausaha. Hadir dalam kesempatan itu 39 mahasiswa dari tujuh perguruan tinggi di Palangka Raya. Mereka hadir selama dua hari, 9-10 Maret 2020.

Adapun pesertanya dari IAIN Palangka Raya sebanyak sembilan mahasiswa dari empat program studi (prodi); Universitas Palangka Raya (UPR) delapan mahasiswa perwakilan dari enam prodi; Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) tujuh mahasiswa perwakilan dari empat prodi. Poltekes lima mahasiswa dari satu prodi. Universitas Kristen Palangka Raya (Unkrip) empat mahasiswa dari dua prodi. STIMIK Palangka Raya empat mahasiswa dari dua prodi dan perguruan tinggi IAHN dua mahasiswa dari satu prodi.

Dalam kesempatan itu, para mahasiswa berkunjung ke Sulung Research Station (SRS) yang berada di Perkebunan Kelapa Sawit (PKS) Sulung. Lalu mereka mengunjungi pabrik pengolahan kelapa sawit, juga ke Sulung Ranch untuk memperoleh pengetahuan tentang integrasi sawit-sapi, dan melihat secara langsung cara kerja panen sawit. (DANANG/m)

Berita Terbaru