Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Barru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meskipun Sudah Surut, Masyarakat Diminta Waspada Banjir Susulan

  • Oleh Syahriansyah
  • 11 Maret 2020 - 07:50 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Dari pantauan di beberapa titik ruas jalan desa di Kecamatan Murung, Kabupaten Murung Raya, yang sempat terendam banjir akibat luapan Sungai Barito kini sudah surut karena tingkat curah hujan yang mulai stabil.

Meski demikian, Kapolres Murung Raya (Mura) AKBP Dharmeswara Hadi Kuncuro melalui Kapolsek Murung Ipda Yuliantho melakukan pengecekan aktivitas masyarakat yang terdampak banjir berpesan agar tetap waspada terhadap banjir susulan apabila curah hujan kembali tinggi hingga menyebabkan luapan air sungai Barito terjadi kembali.

"Dari 13 desa dan 2 Kelurahan diwilayah hukum Polsek Murung berada di pesisir sungai Barito sehingga ketika terjadinya luapan sungai Barito hampir seluruh wilayah tersebut banjir. Oleh karena itu, meski kondisi sungai saat ini sudah surut saya sampaikan agar masyarakat tetap waspada terhadap banjir susulan," ungkanya, Rabu, 11 Maret 2020.

Hingga saat ini hasil dari pantauan kondisi diwilayah hulu sungai Barito sudah mengalami penurunan volume air dan curah hujan juga sudah mulai rendah.

Namun tidak menutup kemungkinan apabila curah hujan meningkat dalam beberapa hari kedepan maka bencana banjir dapat terjadi kembali.

"Kita harapkan agar kondisi seperti saat ini terus terjadi agar tidak terjadinya banjir susulan yang dapat melumpuhkan aktifitas masyarakat kita, saat ini kita terus lakukan pantauan agar dapat kita lakukan antisipasi dengan menyampaikan kondisi air sungai Barito kepada masyarakat," tutupnya. (RIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru