Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Adakan Bimtek Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 11 Maret 2020 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemerintah Kabupaten Barito Timur mengadakan Bimtek Penguatan Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di ruang rapat bupati. Kegiatan itu berlangsung selama dua hari berakhir 12 Maret 2020 besok.

Dalam laporan Plt Kepala Inspektorat Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar yang dibacakan Sekretaris Inspektorat, Anda Kresilina mengatakan, kegiatan itu digelar agar setiap organisasi perangkat daerah atau OPD dapat melakukan penilaian resiko.

"Penilaian resiko adalah kegiatan penilaian atas kemungkinan kejadian yang mengancam pencapaian tujuan dan sasaran instansi pemerintah," kata Anda.

Salah satu unsur SPIP mengharuskan setiap instansi pemerintah untuk melakukan penilaian resiko (risk assessment) dengan cara mengindentifikasi dan menganalisa resiko dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Artinya seluruh kegiatan yang sudah direncanakan telah diindentifikasi resiko-resiko yang akan terjadi.

Menurutnya, manfaat penilaian resiko yaitu membantu pencapaian tujuan instansi, kesinambungan pelayanan kepada stakeholders, efisiensi dan efektivitas pelayanan, sebagai dasar penyusunan rencana strategis serta untuk menghindari pemborosan.

Sementara itu, Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengharapkan agar Bimtek tersebut dapat benar memberikan dampak bagi peningkatan kinerja di setiap OPD.

Dia juga berpesan agar peserta Bimtek sungguh-sungguh mengikuti Bimtek selama dua hari sehingga hasil Bimtek dapat diterapkan dengan baik di instansi masing-masing.

"Dengan pelaksanaan bimtek ini saya harap dapat menjadi wadah bagi seluruh SOPD untuk dapat memprediksi masalah atau resiko dan mampu membuat perencanaan penanganan resiko sehingga mendukung optimalisasi pencapaian kinerja, program dan prioritas sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Barito Timur," kata Ampera.

Bimtek tersebut diisi oleh narasumber dari BPKP Kalimantan Tengah Cucu Supangat, serta dihadiri oleh sekda, kepala OPD, inspektur wilayah pembantu, pejabat fungsional auditor, Kasubag Perencanaan dan Keuangan se Kabupaten Barito Timur dan Staf Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan se Kabupaten Barito Timur. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru