Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buaya Terkam Ternak Babi Warga di Desa Palangan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Maret 2020 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Seekor buaya diduga menerkam babi ternak milik warga Desa Palangan, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

"Babi ternak warga diterkam buaya saat malam hari. Dan langsung hilang tanpa ada bangkainya. Babinya cukup besar, beratnya mencapai 35 kilogram," kata Kepala Desa Palangan, Anastasius Delik, Rabu, 11 Maret 2020. 

Adanya buaya yang memakan babi tersebut, membuat masyarakat sekitar takut dan khawatir. Apalagi, mereka tidak ingin menjadi korban dari keganasan satwa dilindungi tersebut.

Saat buaya tersebut menyambar babi, warga tidak ada yang melihat. Namun pengakuan pemilik sempat mendengar suara babi gaduh, setelah dilihat sudah tidak ada lagi babi tersebut. 

"Tidak hanya memakan babi, namun buaya terdapat juga sempat naik ke dermaga saat banjir melanda desa kami ini," kata Delik. 

Bahkan warga yang rumahnya berdekatan dengan dermaga tersebut, sempat mendengar ada bunyi seperti gesekan kuku buaya. Setelah membuka pintu, buaya tersebut langsung terjun kembali ke sungai. 

"Saat ini masyarakat sudah mulai hati-hati beraktivitas di sungai tersebut. Karena takut diterkam buaya," terang Delik. 

Pihaknya sudah melaporkan hal tersebut kepada BKSDA Pos Jaga Sampit, agar buaya bisa dievakuasi dari lokasi itu/

Sementara, Komandan BKSDA Pos Jaga Sampit Muriansyah mengatakan, pihaknya akan ke lokasi tersebut. Sementara ini, mereka meminta agar masyarakat berhati-hati saat beraktivitas di sungai. 

"Jangan beraktivitas saat hari mulai gelap, terutama sore dan subuh. Karena sangat rawan serangan buaya," harap Muriansyah. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru