Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Penukal Abab Lematang Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jamaah Calon Haji Kabupaten Kapuas Jalani Pemeriksaan Kesehatan Kebugaran Tahap II

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Maret 2020 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jamaah Calon Haji Kabupaten Kapuas telah menjalani pemeriksaan kesehatan kebugaran tahap II yang dilakukan Dinas Kesehatan di kawasan Stadion Panunjung Tarung, Kuala Kapuas.

Panitia Pemeriksaan Kebugaran Haji Tahap II, Hj Maimunah, mengatakan pengecekan kesehataan sebanyak 332 jamaah calon haji, guna memastikan kebugarannya menjelang keberangkatan.

"Untuk prosesnya mulai dari mengisi absen, melakukan pengecekan tensi darah, dan mendapatkan nomor seusai pengecekan," ucap Maimunah, Rabu, 11 Maret 2020.

Dia menambahkan panitia melakukan pengecekan tensi darah, berat badan, tinggi badan, dan menanyakan riwayat penyakit. Seperti penyakit jantung, hipertensi, dan gejala-gejala stroke.

“Jamaah calon haji dites kebugaran, dengan ada yang lari 1,6 km atau 2 putaran stadion. Kemudian jalan kaki selama 6 menit," jelasnya.

Tes lari untuk jamaah yang tensi darahnya normal dan tidak ada riwayat penyakit. Kemudian jalan kaki selama 6 menit untuk jamaah yang tensi darahnya tidak normal dan memiliki kriteria penyakit jantung, hipertensi dan gejala-gejala stroke.

"Bagi Calon jamaah terdeteksi penyakit jantung, hipertensi, dan gejala-gejala stroke maka akan diobati di puskesmas masing-masing sampai sebelum keberangkatan," ucapnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Kapuas, Asyhadi menyampaikan kegiatan tersebut untuk mengetahui apakah ada perubahan kondisi kesehatan dari pemeriksaan tahap I ke tahap II. Bertujuan menjaga kesehatan agar tetap stabil.

“Dalam menjalankan ibadah Haji itu sangat dibutuhkan kesehatan fisik dan mental yang siap. Jamaah yang berangkat harus memenuhi syarat istithaah dari aspek kesehatan fisik dan mental. Harus siap dengan pemeriksaan yang dapat dipertanggungjawabkan," ucap Asyhadi. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru