Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PAD dari BBI di Desa Gohong Belum Capai Target

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 12 Maret 2020 - 10:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Gohong Kecamatan Kahayan Hilir Kabupaten Pulang Pisau belum mampu mencapai target. Pendapatan dari BBI itu pertahunnya ditargetkan sekitar Rp 200 juta. 

Namun, tahun lalu hanya mampu tercapai dibawah Rp 100 juta. Hal itu diakui kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau, Riduan Syahrani. 

Riduan menjelaskan, BBI itu merupakan tempat penjualan benih ikan dan sekaligus untuk pembesaran. Ada beberapa hal memang yang menjadi penyebab kurang maksimalnya pendapatan dari BBI tersebut. 

"Seperti masih banyak pembudidaya yang membeli benih ikan dari wilayah Kalimantan Selatan. Sehingga pendapatan otomatis berkurang," jelas Riduan, Kamis, 12 Maret 2020. 

Ia menambahkan, untuk pembesaran ikan sendiri juga mengalami kendala. Diduga akibat perubahan cuaca yang mempengaruhi kondisi air atau hal lainnya. 

"Sehingga ikan tak bisa berkembang sesuai dengan apa yang diharapkan," ujar dia. 

Riduan mengungkapkan, untuk memenuhi target pendapatan itu tahun ini pihaknya akan menjual benih dan pembesaran. Karena, pada tahun lalu hanya penjualan benih saja. 

"Semoga saja tahun ini pendapatan dari BBI itu bisa lebih maksimal lagi," tandasnya. (M. BADARUDIN/B-5)

Berita Terbaru