Aplikasi Rekapitulasi Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

90 Murid Ikuti Kompetensi Sains Nasional Tingkat SD di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 12 Maret 2020 - 15:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sebanyak 90 murid mengikuti Kompetensi Sains Nasional (KSN) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Kapuas. Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Dinas Pendidikan setempat pada Kamis, 12 Maret 2020.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Yulianus Banuas Aden, ditandai dengan pemasangan tanda peserta dan penyerahan soal KSN-SD. Turut hadir pejabat dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kapuas Franz Yulian mengatakan, tema kegiatan adalah pendidikan hebat Kapuas cerdas wujudkan generasi  cerdas, berkarakter, tangguh dan adaptif terhadap perubahan.

"Adapun tujuan KSN-SD tahun 2020 ini adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang matetamtika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD atau sederajat, dengan jumlah peserta 90 orang," ucap Franz disela kegiatan.

Ia merincikan dari 90 peserta tersebut berasal dari 13 Kecamatan yang terdiri atas 46 orang mengikuti KSN-SD bidang IPA, dan 44 orang mengikuti KSN-SD bidang Matematika yang dilaksanakan di lima ruangan.

"Untuk peserta masih duduk dikelas 4 atau 5 dengan usia maksimal 13 tahun," tuturnya.

Dari hasil KSN ini, ia menyebut bahwa untuk peringkat satu, dua, tiga pada bidang masing-masing, nantinya akan mewakili Kabupaten Kapuas mengikuti kompetisi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Kota Palangka Raya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kapuas Yulianus Banuas Aden mengatakan KSN-SD dilaksanakan setiap tahun tidak hanya berorientasi pada kejuaraan, akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan.

Yaitu, lanjut dia menjadikan kegiatan tersebut sebagai pengalaman belajar serta meningkatkan rasa persaudaraan dan rasa persatuan antar generasi, memupuk sikap saling menghargai, menghormati.

"Solidaritas begitu juga toleransi karena menang atau kalah bukanlah tujuan tetapi jadikan sebagai motivasi dalam rangka mencapai tujuan," ucap Yulianus. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru