Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manggarai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kompetensi Sains di Kapuas Untuk Tingkatkan Semangat Generasi Muda

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 12 Maret 2020 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Yulianus Banuas Aden mengatakan, Kompetensi Sains Nasional (KSN) juga untuk meningkatkan semangat kompetitif bagi generasi muda dalam akademik.

“Kompetisi ini salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas, dan sportivitas peserta didik," ucap Yulianus seusai membuka KSN tingkat SD, Kamis, 12 Maret 2020.

"Sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri," lanjut dia.

Dia menerangkan, kompetisi sains merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mewujudkan program nawacita Presiden Republik Indonesia.

"Yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di bidang sains," tuturnya.

Dia menjelaskan, KSN SD sebelumnya disebut Olimpiade Sains Nasional (OSN) sejak tahun 2003, dan tahun ini berubah menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN).

"Kompetisi ini juga dapat menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan daya nalar," jelasnya.

KSN tahun 2020 tersebut diikuti 90 murid SD berasal dari 13 Kecamatan. Rinciannya 46 orang mengikutibidang IPA, dan 44 orang mengikuti bidang Matematika. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru