Bupati Barito Timur Buka Temu Teknis Penyuluh Pertanian

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 Maret 2020 - 18:25 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas membuka Temu Teknis Penyuluh Pertanian di Kecamatan Dusun Tengah, Kamis, 12 Maret 2020.

Dalam sambutannya, Ampera mengatakan penyuluhan pertanian merupakan suatu proses penyampalan teknologi (transfer of tecnhnology) pertanian, sesuai dengan kebutuhan petani, spesifik lokalita, dan ramah lingkungan.

"Dengan demikian teknologi disuluhkan secara teknis dapat dilaksanakan, secara ekonomi menguntungkan, serta secara sosial tidak bertentangan dengan tatanan budaya dan norma-norma di masyarakat setempat," katanya.

Ampera menambahkan, tugas seorang penyuluh adalah memotivasi petani untuk mau dan mampu serta bisa melaksanakan teknologi pertanian yang dianjurkan. Sehingga mereka dapat menolong diri sendiri bahkan menjadi mandiri dan sejahtera untuk terwujudnya masyarakat yang sejahtera, berkualitas, memiliki ilmu pengetahuan, dan teknologi.

"Dengan demikian penyuluh pertanian dituntut untuk mengembangkan kemampuan SDM melalui karya dan pengabdiannya, baik sebagai fasilitator, pelayan petani, pendorong berkembangnya ekonomi pedesaan, disiplin serta jujur, profesional, dan bertanggung jawab," imbuh Ampera.

Dia berharap, pertemuan teknis ini dapat memberikan jawaban yang tepat untuk pemecahan masalah serta hambatan teknis Penyuluh Pertanian di Kabupaten Barito Timur.

"Serta juga akan menjadi pedoman untuk melaksanakan tugas pada waktu yang akan datang, mengingat keberadaan penyuluh sebagai ujung tombak pembangunan pertanian, sekaligus sebagai penerus berbagai teknologi pertanian kepada petani," tambahnya.

Pertemuan Teknis ini juga diisi dengan kegiatan pelantikan pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Barito Timur untuk masa jabatan tahun 2020 - 2025. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru