Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasongan Diguyur Hujan Semalaman

  • Oleh Abdul Gofur
  • 12 Maret 2020 - 19:41 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kota Kasongan Kabupaten Katingan sejak Kamis, 12 Maret 2020 diguyur hujan lebat. Sempat reda pada pagi pukul 06.00 WIB, namun hujan kembali mengguyur Kasongan dan sekitarnya setengah jam kemudian. 

Hujan ini berlangsung hingga sekitar  pukul 10.00 Wib. Sebelumnya selama lima hari berturut-turut Kota Kasongan dan sekitarnya tidak lagi diguyur hujan, dan hujan kembali mengguyur dinihari hingga menjelang siang hari ini.

Hujan lebat ini menyebabkan sejumlah pekarangan rumah warga Kasongan digenangi air, termasuk beberapa ruas jalan komplek perumahan.

Meski hujan semalaman hingga menjelang siang, namun dari pantauan Sungai Katingan sekitar Jembatan Sei Katingan Kasongan malah tampak menyurut dibanding hari-hari sebelumnya.

Surutnya Daerah Aliran Sungai atau DAS Katingan ini karena dalam beberapa hari terakhir tidak ada hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Katingan itu.

Selain Kasongan Kecamatan Katingan Hilir, hujan juga mengguyur wilayah Kecamatan Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang.

Kemudian Kecamatan Katingan Kuala, Mendawai, Katingan Tengah, Pulau Malan dan Kecamatan Tewang Sanggalang Garing.

Sementara menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Eka Surya Dilaga, berdasarkan prakiraan pihak BMKG Provinsi Kalteng, pada Maret 2020 ini curah hujan masih relaltif tidak jauh berbeda dengan bulan Februari 2020. Artinya curah hujan masih tinggi.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat terutama yang bermukim di bantaran Sungai Katingan agar selalu mewaspadai luapan sungai yang bisa datang setiap saat.

Menurut Eka Surya Dilaga, saat ini wilayah Kecamatan Tasik Payawan sebagian masih terdampak banjir, terutama jalan menuju Petak Bahandang dan jalan menuju Desa Talingke. (ABDUl GOFUR/B-6)

Berita Terbaru