Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tasikmalaya Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Dorong Sektor UMKM Lamandau Lebih Berkembang

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 Maret 2020 - 00:41 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Hendra Lesmana untuk terus mendorong sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lamandau untuk berkembang.

Dengan mendorong geliat UMKM, Hendra Lesmana berharap ada sektor lain yang dapat menopang perekonomian masyarakat selain dari sektor perkebunan yang menjadi andalan saat ini.

"Dengan keuletan masyarakat dan pembinaan dari pemerintah daerah, maka UMKM di Lamandau saya yakin akan menjadi kekuatan ekonomi baru penopang kekuatan ekonomi daerah," ungkap di sela melakukan kunjungan ke Griya Batik Umiy Lasega, UMKM di Desa Sumber Mulya, Kecamatan Bulik, Kamis 12 Maret 2020.

Bupati didampingi Ketua TP PKK Lamandau Rusdianti Hendra Lesmana secara langsung mengunjungi Griya Batik milik Bu Umi di Desa Sumber Mulya. Hadir juga Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Lamandau Penyang Lanen serta Pimpinan Bank Kalteng Cabang Lamandau.

Tujuan kunjungannya ini untuk melihat dan merasakan langsung bagaimana upaya dan geliat langsung para pelaku UMKM.

Bahkan bupati secara langsung mencoba merasakan langsung sensasi cara membuat batik tulis pada kain yang telah digambar. Hendra berharap melalui kunjungannya tersebut dapat menggali persoalan dan hambatan apa saja yang dihadapi pelaku atau pengusaha UMKM.

"Faktor utama dari keberhasilan usaha adalah promo. Artinya produk UMKM harus dipromosikan agar lebih dikenal luas," ujarnya.

Dia mengatakan pemerintah daerah hadir dalam rangka mengembangkan UMKM, salah satunya beberapa waktu lalu Pemkab Lamandau secara resmi sudah melaunching Lamandau Store sebagai wadah mempromosikan aneka produk lokal.

"Lamandau Store bisa dijadikan wadah bagi para pelaku UMKM untuk menaruh dan memasarkan produk yang dihasilkan, sehingga nantinya produk UMKM Lamandau bisa dikenal luas," terangnya. (HENDI NURFALAH)

Berita Terbaru