Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonosobo Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penganggaran Program Pembangunan Kebupaten Pulang Pisau Lebih Fokus Pada Kegiatan Prioritas

  • Oleh James Donny
  • 13 Maret 2020 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Pulang Pisau, Juman mengatakan penganggaran program Pembangunan Kabupaten Pulang Pisau akan lebih fokus pada kegiatan prioritas.

"Dalam penganggaran untuk program pembangunan, kita menggunakan prinsip money follows program, artinya pendekatan anggaran kita akan lebih fokus pada program atau kegiatan yang terkait langsung dengan prioritas nasional dan daerah serta memberikan dampak langsung bagi masyarakat," terang Juman, Jumat, 13 Maret 2020.

Dia menjelaskan dengan money follows program, belanja tidak lagi dibagi secara merata kepada setiap tugas dan fungsi.

Prinsip money follows program ini terang Juman akan melalui pendekatan tematik, holistik, integratif, dan spasial.

"Pada pendekatan tematik dan holistik, pendekatan dengan mengutamakan kegiatan-kegiatan untuk mendukung prioritas nasional, mengidentifikasi program dan kegiatan dengan tujuan untuk mencapai sasaran prioritas nasional yang didukung oleh kementerian/lembaga dan antar Perangkat Daerah di tingkat provinsi/kabupaten," jelas Juman.

Kemudian pendekatan integratif Pendekatan dengan mengidentifikasi agar output program/kegiatan prioritas yang terdapat pada perangkat daerah dapat saling terintegrasi dengan kegiatan prioritas yang ada pada perangkat daerah lainnya dalam mendukung suatu kebijakan prioritas.

Selanjutnya pada pendekatan spasial itu digunakan saat pembahasan guna menyepakati fokus dari suatu kegiatan prioritas yang terdapat pada beberapa Perangkat Daerah untuk diintegrasikan. "Melalui pendekatan ini selaniutnya akan diselaraskan dengan usulan dari masing-masing perangkat daerah," ujarnya. (JAMES DONNY/B-5)

Berita Terbaru