DPRD Kobar Dukung Pengembangan Kopi di Desa Penyombaan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Maret 2020 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rusdi Gozali mendukung inovasi yang dilakukan Pemkab dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dengan melakukan pengembangan tanaman kopi di Desa Penyombaan, Kacamatan Arut Utara.

Rusdi sangat mendukung program yang pro rakyat seperti penanaman kopi sekaligus sebagai komoditas baru di Kobar.

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan Pemkab Kobar dengan mengajak masyarakat untuk menanam kopi, sehingga kita memiliki komoditas baru selain tanaman kelapa sawit,” ucapnya, Jumat, 13 Maret 2020.

Rusdi menambahkan dengan dimulainya penanaman kopi di Desa Penyombaan ini bukti keseriusan pemerintah daerah dalam meningkatkan perekonomian

Dipilihnya Desa Penyombaan sebagai kawasan pengembangan tanaman kopi, karena Pemkab Kobar telah melakukan pengkajian dulu oleh para ahli dibidangnya yang disesuaikan dengan kondisi lahan di desa tersebut.

“Pemilihan jenis bibit kopi Robusta yang ditanam telah melalui mekanisme pengkajian. Hal ini membuktikan program pengembangan tanaman kopi ini bukan untuk coba-coba, tapi akan menghasilkan kopi yang berkualitas," katanya.

Lanjutnya, pengembangan tanamam kopi di Desa Penyombaan juga menarik pihak ketiga untuk mengembangkan tanaman ini, bahkan jika dinilai berhasil maka akan dibuka 10 ribu hektare.

”Penanman kopi merupakan usaha baru bagi masyarakat Desa Penyombaan. Selama ini kita tahu masyarakat di sana bekerja sebagai penambang dan jika ini diteruskan akan merusak lingkungan, maka dengan menanam kopi, masyarakat diharapkan akan meninggalkan kebiasaanya menambang,” tutupnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru