Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kerusakan Jembatan di Desa Mawani Membahayakan Warga

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 13 Maret 2020 - 19:35 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Jembatan yang berada di tengah Desa Mawani Kecamatan Patangkep Tutui Kabupaten Barito Timur membahayakan warga yang melintasi, terlebih yang menggunakan kendaraan bermuatan berat.

Kerusakan jembatan tersebut digambarkan oleh Sekretaris Desa Mawani, Yamada melalui postingannya di grup Facebook Barito Timur Membangun, Jumat 13 Maret 2020.

"Kondisi jembatan penghubung di dalam Desa Mawani saat ini butuh perbaikan sebelum memakan korban, mohon kepada pihak terkait agar segera dilakukan perbaikan," tulis Yamada.

dalam postingan itu dia juga melampirkan empat lembar foto yang menggambarkan kondisi jembatan yang dimaksud.

Pada foto-foto itu terlihat jelas di satu sisi pondasi jembatan yang retak sehingga badan jalan di atasnya amblas dan di sisi yang lain tiang-tiang jembatan dari kayu ulin bergantungan karena pada bagian ini tidak ada pondasi sehingga dinding sungai terkikis air.


Saat dimintai penjelasan via telepon, Yamada menuturkan bahwa sejak dibangun, jembatan yang terletak tidak jauh dari kantor desa tersebut sudah beberapa kali diperbaiki karena rusak, namun hingga kini belum pernah diganti yang baru.

Dia kuatir jika tidak diganti jembatan yang baru, suatu saat dapat menimbulkan korban jiwa karena jembatan tersebut merupakan akses utama warga di desa itu.

"Kami takutkan kalau ada korban nanti pemerintah desa yang disalahkan, sebenarnya sudah dua kali Musrenbang kami usulkan ke pak camat tapi kami nggak tahu kenapa nggak masuk," ujarnya.

Sebelumnya, lanjut Yamada, Pemerintah Desa Mawani sudah pernah mengusulkan untuk dibangun menggunakan dana desa namun tidak diperbolehkan karena dianggap akan tumpang tindih dengan kegiatan pemerintah daerah.

"Kali ini kami benar-benar mengharapkan diganti jembatan beton karena kalau diganti kayu lagi tidak tahan lama," harapnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru