Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Perlu Jaga Nilai Sejarah Benda Pusaka

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Maret 2020 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penting bagi pemerintah daerah terutama melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah untuk menjaga dan merawat benda-benda bernilai sejarah ataupun koleksi yang bernilai pusaka.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Guntur Talajan kepada Borneonews pada Sabtu, 14 Maret 2020.

"Perlu digarisbahawi memang Disbudpar punya kewajiban menjaga dan merawat benda bersejarah atau benda pusaka, tetapi lebih penting lagi upaya pelestarian terhadap peninggalan leluhur tersebut untuk diwariskan secara turun temurun," katanya.

Sebagai upaya mewariskan peninggalan leluhur inilah Disbudpar melalui UPT Museum Bangala telah melaksanakan perawatan Mandau yang disaksikan puluhan siswa SMA di Kota Palangka Raya.

"Awal pekan lalu kami undang siswa ke Museum Balanga. Selain untuk datang berkunjung ke museum, mereka juga dapat pengetahuan atau edukasi dengan kami ajak menyaksikan bagaimana merawat benda yang memiliki historis dalam prosesi perawatan Mandau itu," terangnya.

Harapannya tentu saja agar para generasi muda, terutama kaum millenial dapat menjadi bagian dari upaya menjaga pelestarian terhadap peninggalan leluhur.

"Kita mau mereka bisa menjaga sekaligus memiliki wawasan pengetahuan tentang benda-benda bersejarah milik sukunya sendiri," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru