Partisipasi Pemilih Pada Pilkades di Kotim Capai 80 Persen

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Maret 2020 - 20:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Partisipasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 43 desa di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mencapai 80 persen dari jumlah 44.824 pemilih yang terdata. 

"Alhamdulillah partisipasi pemilih di 43 desa tinggi. Bahkan mencapai 80 persen lebih," ujar Bupati Kotim Supian Hadi, usai memantau Pilkades dibeberapa desa Kecamatan Cempaga, Sabtu, 14 Maret 2020. 

Partisipasi ini dianggap cukup tinggi. Dia sangat bersyukur karena masyarakat  antusias untuk ikut menentukan kepala desa mereka.

Dia berharap agar hal ini nantinya terjadi juga pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) bupati atau gubernur di Kotim ini.

"Mudah-mudahan pada Pilkada, partisipasi pemilih juga meningkat. Bahkan kalau bisa lebih dari 80 persen," katanya. 

Dia juga berharap agar masyarakat saat ini menjaga dan menahan diri untuk tidak terprovokasi. Meskipun calon yang didukung mereka kalah dalan pelaksanaan Pilkades.

Namun yang harus dilakukan, yakni bagaiamana agar bisa mendukung calon kades yang menang tersebut untuk membangun desa lebih baik lagi. 

"Saya harap siapapun kadesnya yang terpilih. Itu merupakan orang terbaik dari yang terbaik. Yang harus dilakukan masyarakat, adalah mendukungnya," harapnya. (MUHAMMAD HAMIM/B-6)

Berita Terbaru