Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Binjai   Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Terus Sosialisasikan Pentingnya Keselamatan Penumpang pada Transportasi Air

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Maret 2020 - 23:01 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi B DPRD Palangka Raya, Susi Idawati meminta agar pemerintah kota melalui dinas perhubungan atau dinas kebudayaan dan pariwisata terus mensosialisasikan pentingnya keselamatan penumpang pada transportasi air.

Pesan ini diungkapkan Susi pasca kecelakaan antara speedboad yang mengangkut personel TNI untuk pengamanan kedatangan tamu kenegaraan dan para pegawai yang bekerja di Taman Nasional Sebangau.

"Yang terpenting terus sosialisasikan mengenai pentingnya alat keselamatan penumpang berupa pelampung dan perahu karet. Ini harus dilakukan dinas terkait jajaran Pemko kepada para pengelola susur sungai dan masyarakat yang masih menggunakan moda transportasi air," kata Susi, Sabtu, 14 Maret 2020.

Pihaknya mendorong agar pemerintah dapat memberi pengertian kepada masyarakat bahwa ketersedian alat keselamatan diri di perahu harus diutamakan.

"Semua pihak harus bisa bersinergi dan bekerja sama untuk menjaga keselamatan diri saat menggunakan jasa angkutan transportasi air," tegas politisi Partai Nasdem ini.

Pemeliharaan dan pemeriksaan kendaraan secara rutin juga menurutnya sangat diperlukan. Baik itu pemeriksaan mulai dari mesin, ketersediaan lampu penerangan hingga badan kendaraan secara keseluruhan harus dilakukan.

"Ini kita sarankan tentu saja untuk mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan seperti kecelakaan air di Sebangau kemarin. Selain itu bagi penumpang, gunakan pakaian yang tak menyulitkan saat berada di dalam perahu," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru