Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keberadaan UMKM Pembuat Miniatur Bantu Pertahankan Pengetahuan Senjata Pusaka

  • Oleh Testi Priscilla
  • 14 Maret 2020 - 23:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan mengatakan keberadaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak dalam pembuatan miniatur sejata pusaka dan bersejarah seperti Mandau sangat membantu dalam mempertahankan pengetahuan masyarakat tentang senjata pusaka.

"Kita bersyukur saat ini sudah ada ekonomi kreatif yang menghasilkan miniatur berupa pembuatan Mandau. Setidaknya ini upaya memertahankan dari keberadaan senjata khas yang dimiliki Bumi Tambun Bungai," kata Guntur, Sabtu 14 Maret 2020.

Disbudpar juga memiliki program untuk mempertahankan pengetahuan masyarakat, terutama anak muda terkait benda pusaka khas Dayak. Tapi keberadaan UMKM juga sangat membantu untuk dapat dalam bentu penyediaan benda pusaka replika.

"Keberadaan UMKM ini sangat penting untuk pengenalan dan pemertahanan pengetahuan tentang benda pusaka, selain kegiatan seperti yang kita lakukan untuk siswa SMA. Mereka kita ajak menyaksikan prosesi perawatan Mandau di Museum Balanga," tambahnya.

Selama ini Museum Balanga secara rutin setiap tahunmengadakan upacara ritual 'Tantulak Dahiang Ramu Palus Balian Manyandingen Ganan Ramu' atau upacara ritual untuk menghilangkan pengaruh yang tidak baik di museum.

"Yang baru dilakukan awal pekan kemarin beda lagi, itu dilaksanakan prosesi bagaimana perawatan koleksi di museum. Itu disaksikan oleh anak muda generasi milenial yang diundang dari SMA, karena memang ini upaya mengenalkan adat dan budaya, terutama perlakuan pada benda pusaka, kepada generasi penerus kita ini," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru