Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bantul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Obyek Wisata Patai Suku Hawa Punya Potensi Ekonomi Besar

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Maret 2020 - 23:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Obyek Wisata Patai Suku Hawa atau Pasuha memiliki potensi ekonomi besar untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Barito Timur maupun untuk kesejahteraan masyarakat Desa Pulau Patai, Kecamatan Dusun Timur.

Wakil Bupati Barito Timur, Abdul Saleh meminta dukungan berbagai pihak, termasuk instansi pemerintah dan swasta agar obyek wisata Pasuha ini terus berkembang.

"Saya berharap instansi pemerintah hingga tingkat desa mendukung pengelolaan obyek wisata ini hingga sukses," katanya saat, Sabtu 14 Maret 2020.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Timur, Forty Rickyannou berharap pemerintah desa segera membuat peraturan desa sebagai dasar hukum untuk memungut retribusi dari pengunjung obyek wisata Pasuha.

Areal pengembangan obyek wisata Pasuha seluas 90 hektare, namun yang sudah digunakan saat ini baru 20 hektare, karena itu potensi pengembangan obyek wisata ini masih sangat besar.

Pemerintah Desa Pulau Patai mencatat pada Januari 2020 kunjungan wisatawan lokal mencapai 11 ribu.

Obyek wisata ini akan dikelola BUMdes kerja sama dengan Karang Taruna dan Kelompok Sadar Wisata Desa Pulau Patai. (BOLE MALO/B-5)

Berita Terbaru