Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tips Foto Gunakan Kamera Ponsel Ala Darwis Triadi

  • Oleh Teras.id
  • 15 Maret 2020 - 10:40 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Berfoto menggunakan kamera ponsel semakin sering digunakan masyarakat. Maklum, kamera ponsel kini sudah memiliki kualitas yang tidak kalah baik dari kamera digital profesional Kendati demikian, pengguna perlu memperhatikan sejumlah hal agar foto yang diambil memiliki hasil yang bagus.

Fotografer Darwis Triadi berbagi tips fotografi menggunakan smartphone. Dia menyebut tiga hal yang harus diperhatikan pengguna saat menggunakan kamera pada ponsel pintar.

"Pertama, pelajari fitur-fitur di ponsel. Kedua, melihat cahaya dengan tepat, biasakan seperti itu. Ketiga, melihat objek. Tiga hal itu saja cukup, tinggal pencet mau zoom atau potret," ujar Darwis dalam workshop smartphone photography bersama Oppo di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Jumat 13 Maret 2020.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, secara umum penggunaan kamera pada smartphone sama, apapun tipenya, namun untuk keperluan profesional diperlukan seri ponsel high-end.

Darwis juga lebih memilih untuk menggunakan kamera ponsel pintar yang memiliki fungsi manual agar dapat mengatur ISO, diafragma dan speed, sehingga hasil yang didapatkan menyerupai kamera profesional.

Terlepas dari itu, Darwis menekankan bahwa pada dasarnya kamera adalah sebuah alat untuk menangkap visual. Apa pun kameranya, besar atau kecilnya piksel yang ditawarkan pada akhirnya memotret itu memerlukan cahaya.

"Kamera di mana pun itu adalah alat, jadi penggunaan smartphone yang ada kameranya, berarti itu sama dengan kamera, cuma bedanya tidak bisa kita head-to-head bahwa kamera sama dengan smartphone, tapi fungsinya sama, kapasitasnya tergantung dari kondisinya," Darwis melanjutkan.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru