Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sebaran Tracing Virus Corona Capai Manado Hingga Pontianak

  • Oleh Teras.id
  • 15 Maret 2020 - 13:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Juru bicara pemerintah untuk penanggulangan Virus Corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, mengatakan upaya pemerintah untuk tracing atau pelacakan jejak kontak dekat (close contact) pasien positif Covid-19, terus berlanjut. Bahkan ia mengatakan sebaran tracing semakin melebar.

"Jakarta di DKI, Jawa barat di sekitar DKI, termasuk Bandung. Kemudian Tangerang, kemudian Jawa Tengah ini kami sudah dapatkan kasusnya. Kemudian di Solo, Yogyakarta, di Bali, di Manado, di Pontianak," kata Yurianto di Kantor BNPB, Jakarta Pusat, Sabtu, 14 Maret 2020.

Yurianto mengatakan masih ada beberapa daerah lain yang menjadi lokasi tracing. Namun, ia tak mau menyebutkan lokasi karena pemerintah belum menemukan posisi persis.

"Oleh karena itu, ini yang membuat kami harus selalu mewaspadai bahkan meningkatkan upaya untuk tracing lebih  keras lagi," kata dia.

Tracing ini, kata dia, menjadi penting dalam perubahan respon. Khususnya setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa Virus Corona adalah pandemi global. Keberhasilan tracing menjadi kunci percepatan penanganan Corona.

Yurianto mengatakan setiap kasus positif yang saat ini dirawat di rumah sakit, pasti akan ditindak lanjuti. Mereka akan ditanyai dengan dua pertanyaan, yakni tertular dari siapa dan menulari siapa. Bisa saja pasien baru pulang dr negara yang penularannya tinggi.

Achmad Yurianto mencontohkan pasien baru pulang dari Korea Selatan. Maka berikutnya yang dikejar adalah kontak dia selama di Indonesia. Kelompok ini yang akan dikejar selanjutnya.

"Nah dari kelompok ini lah kemudian akan kita segera selanjutnya akan kita tracing dan dipastikan orang yang tertular bisa diamankan," kata dia.

(TERAS.ID)

Berita Terbaru