Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wali Kota : Desain Modern Produk UMKM Jangan Tinggalkan Khas Tradisional

  • Oleh Hendri
  • 15 Maret 2020 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengharapkan, desain modern produk UMKM tidak meninggalkan ciri khas tradisional Kalteng.

"Desain kekinian itu penting dilakukan, namun tetap perhatikan ciri khas daerah bermotif tradisional," kata Fairid Nafarin, Minggu 15 Maret 2020.

Industri UMKM tumbuh sangat bervariasi dari skala mikro, kecil sampai menengah. Berbagai kendala masih dihadapi terutama dalam hal permodalan, pemasaran, teknik produksi, dan lain-lain.

Sementara persaingan di pasar global juga semakin ketat, sehingga diperlukan upaya-upaya nyata untuk mendorong para perajin agar lebih giat lagi supaya dapat bersaing.

Menurutnya, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melakukan pelatihan-pelatihan khususnya di bidang desain karena tren desain produk kerajinan sangat cepat berubah.

"Peningkatan kreativitas dan inovasi desain perlu dilakukan, namun tetap mempertahankan identitas tradisional agar nuansa warisan budaya tetap harmoni dengan kekinian," pungkasnya. (HENDRI/B-11)

Berita Terbaru