Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Upaya Pemprov Kalteng Cegah Virus Corona

  • Oleh Wahyu Krida
  • 15 Maret 2020 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Usai pelaksanaan Haul Akbar XII Kyai Gede, di Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Minggu, 15 Maret 2020, kepada wartawan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan hingga saat ini terdapat 15 orang yang tersebar di beberapa rumah sakit di Kalteng yang masuk dalam kategori Orang Dalam Pengawasan (ODO) covid-19 atau diduga tertular virus corona.

Namun, menurut Gubernur total 15  orang tersebut berasal dari 3 rumah sakit yaitu RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, RSUD dr. Murjani Sampit dan RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.

"Namun dari total 15 orang tersebut, 12 di antaranya sudah dinyatakan negatif atau tidak tertular covid-19 atau virus corona. Saat ini masih ada 3 orang yang masih dalam pemantauan intensif di ruang isolasi RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya," jelas Gubernur.

Gubernur menyatakan, kondisi waspada virus corona yang sudah diberlakukan di Kalteng saat ini, bisa saja ditingkatkan statusnya, melihat situasi dan kondisi di lapangan.

"Bila di Kalteng sudah ada yang ditemukan positif dan jumlahnya betambah, tentunya kita akan mengambil langkah lanjutan. Bisa saja kita ambil keputusan untuk meliburkan sekolah dan ASN bekerja di rumah masing-masing," jelas Gubernur.

Gubernur mengatakan, untuk mencegah penularan atau penyebaran virus corona di Kalteng ada beberapa imbauan yang disampaikannya dalam surat edaran yang dikeluarkan beberapa waktu lalu.

"Diantaranya mengurangi kontak fisik seperti salaman dan bisa diganti menjadi salam Assalamualaikum untuk yang beragama Islam atau sesuai keyakinan agama masing-masing," jelas Gubernur.

Kemudian, lanjut Gubernur, pihaknya juga mengimbau untuk mengurangi berbagai kegiatan kumpul-kumpul orang banyak, bila tujuannya tidak terlalu penting.

"Terkecuali acara keagamaan seperti acara Haul Kiai Gede ini atau acara keagamaan di berbagai rumah Ibadah seperti Masjid, Gereja, Pura dan Wihara. Kami juga mengimbau agar seluruh individu tetap menjaga kebersihan dan kesehatan. Selalu mencuci tangan mengunakan sabun atau cairan disinfektan usai berinteraksi dengan orang lain,' jelas Gubernur. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru