Dinas Kesehatan Barito Selatan Minta Puskesmas Aktif Antisipasi Penyakit DBD

  • Oleh Uriutu
  • 16 Maret 2020 - 17:25 WIB


BORNEONEWS, Buntok – Dinas Kesehatan Barito Selatan, meminta setiap puskesmas mengantisipasi penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Barsel, Zainah Rusiana mengatakan, bahwa kasus DBD cenderung meningkat pada musim penghujan seperti ini.

Maka oleh sebab itu, lanjut dia, pihaknya telah mengirim surat kepada seluruh Puskesmas diwilayah Barsel agar secara aktif mengantisipasi berkembangnya nyamuk penularan penyakit DBD.

“Kita meminta setiap puskesmas melakukan pengendalian vector dengan pemeriksaan jentik secara berkala dirumah penduduk. Serta melaksanakan Pemberantasan sarang nyamuk atau PSN dengan cara 3 M Plus,” kata Zainah Rusiana kepada Borneonews, Senin, 16 Maret 2020.

Mengingat pentingnya PSN ini, lanjut dia, pihaknya berharap Puskesamas berkoordinasi dengan Kecamatan, Kelurahan dan Desa agar PSN bisa dilaksanakan secara luas, serentak dan berkala.

Serta juga melakukan Surveilans epidemiologi, survey kasus, dan vector diwilayah kerja masing-masing dalam rangka kewaspadaan dini dan penanggulangan Kejadian Luar Biasa atau KLB.

“Apabila ada menemukan kasus DBD agar segera melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap warga yang kena kasus tersebut. Serta memantau jentik disekitar rumah warga didaerah tersebut,” jelas dia.

Ia menambahkan, pihaknya juga meminta Puskesmas melakukan penyuluhan secara aktif tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat PHBS kepada masyarakat serta memberikan imbuan untuk memperhatikan kebersihan lingkungan.

Serta memberdayakan dan menggerakan masyarakat dan menjalin kemitraan dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung upaya pengendalian kasus DBD. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru