Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Barito Timur: Bidan Menentukan Keberhasilan Program Kesehatan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 16 Maret 2020 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bidan sebagai tenaga kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sangat menentukan keberhasilan program kesehatan di lapangan.

Demikian dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Barito Timur Said Abdul Saleh saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) III Ikatan Bidan Indonesia atau IBI Kabupaten Barito Timur di GPU Mantawara Tamiang Layang, Senin 16 Maret 2020.

"Karena itu para bidan harus mampu memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada semua tatanan masyarakat serta mampu mengembangkan diri sesuai ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Wabup.

Profesi bidan, lanjutnya, bukanlah tugas yang ringan, karena itu para bidan dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat khususnya kepada ibu dan anak, terutama kesehatan reproduksi wanita dan juga mempunyai peran penting untuk menurunkan angka kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas serta angka kematian bayi.

"Hal ini selaras dengan visi pemerintah terwujudnya Barito Timur sehat, cerdas dan sejahtera melalui pemerintahan yang amanah," imbuh Wabup.

Dia juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada para bidan  yang telah dengan sukarela mengabdikan diri di seluruh unit pelayanan kesehatan di Barito Timur khususnya yang bertugas di daerah terpencil.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah IBI Kalimantan Tengah Noorhani mengharapkan agar IBI Barito Timur bekerja sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) sesuai dengan Undang-Undang Kebidanan.

"Saya berharap IBI mampu menurunkan angka kematian ibu serta angka kematian bayi dan balita, stunting dan yang tidak kalah pentingnya saat ini adalah masalah Corona. Bagaimana kita bisa menyikapi kesehatan diri, keluarga dan lingkungan perlu diperhatikan", kata Noorhani.

Dalam Musyawarah Cabang (Muscab) III IBI Barito Timur akan ini juga akan dipilih pengurus baru untuk masa bakti 2018-2023. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru