Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

AP I Melakukan Penyemprotan Disinfektan di Bandara YIA

  • Oleh ANTARA
  • 17 Maret 2020 - 08:30 WIB

Kulon Progo (ANTARA) - PT Angkasa Pura I melakukan penyemprotan disinfektan di Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai bentuk kepedulian dan upaya terhadap pencegahan masuknya COVID-19 di lingkungan bandara.

"Kami juga melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di seluruh area kedatangan dan keberangkatan penumpang dengan melibatkan lebih kurang 20 orang personel, terutama di titik yang sering terjadi kontak langsung dengan pengguna jasa bandara," kata Pelaksana tugas General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Kulon Progo, Senin.

Ia mengatakan sejak teridentifikasi masuknya virus corona di Indonesia beberapa waktu lalu, manajemen Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) telah melakukan berbagai langkah antisipasi berupa penyediaan hand sanitizer di area bandara, baik di area keberangkatan maupun kedatangan penumpang.

"Tujuan untuk menerapkan pola hidup bersih bagi pengguna jasa bandara dan personel yang bertugas dalam mengantisipasi potensi penyebaran virus serta bibit penyakit lain," katanya.

Proses penyemprotan disinfektan tersebut ditujukan untuk membersihkan sejumlah fasilitas terminal yang berpotensi sering digunakan oleh pengguna jasa bandara, yaitu di lobby drop zone, counter customer service, area Aviation Security, check in counter, POTS, Security Check Point (SCP), tempat ibadah, area ruang tunggu, area mezzanine, area kedatangan dan pick up zone, serta di berbagai fasilitas penumpang seperti tempat bermain, zona keluarga, eskalator, travelator, lift, dan toilet.

Sebelumnya, upaya antisipasi penyebaran virus corona di Bandara Internasional Yogyakarta telah dilakukan sejak penyebaran COVID-19 terjadi pada akhir tahun 2019, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang di area keberangkatan dan kedatangan dengan menggunakan thermometer dan body thermal scanner.

Selain itu, pihaknya mewajibkan pegawai yang sering melakukan kontak langsung dengan penumpang untuk menggunakan alat pelindung diri (APD), peningkatan standar kebersihan di area gerai, serta monitoring kesehatan pegawai juga telah dilakukan setiap hari di YIA.

Secara rutin, PT Angkasa Pura I terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan komunitas bandara terkait lainnya.

"Aksi nyata berupa pencegahan penyebaran virus di YIA yang dilakukan setiap hari diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif serta menjaga rasa aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa dan komunitas bandara," kata Agus Pandu. (ANTARA)


 

Berita Terbaru