Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tabanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Salah 1 Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Indonesia

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 17 Maret 2020 - 08:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah pusat telah menunjuk 132 rumah sakit untuk menjadi tempat rujukan menangani virus Corona (COVID-19) dan salah satunya RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun.

Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, dr Fahruddin mennyampaikan jika RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun menjadi salah satu rumah sakit rujukan menangani penyakit infeksi emerging (PIE) seperti virus Corona.

“Kita telah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan mengatasi pasien yang terkena PIE termasuk corona, flu burung, oleh Kementerian Kesehatan, maka kita pun harus mempersiapkan diri dengan segala keterbatasan," katanya.

Fahrudin berharap ada bantuan sarana dan prasarana dari Kementerian Kesehatan. Dia menyebutkan saat ini di ruangan isolasi telah menyiapkan kapasitas 4 buah tempat tidur, tapi jika banyaknya pasien yang mengalami tanda-tanda Covid-19, maka pihaknya telah menyiapkan ruangan isolasi yang lebih besar.

“Ruangan isolasi yang ada saat ini dengan kapasitas 4 buah tempat tidur dan kami telah menyiapkan ruangan Vip yang lama akan kita jadikan ruangan isolasi dengan kapasitas 16 buah tempat tidur,” ujarnya.

Lanjut Fahruddin menyampaikan, untuk segera dipenuhi saat ini oleh Kementerian Kesehatan adalah alat pelindung diri (APD), apalagi jika Kobar telah dinyatakan positif Covid-19, maka APD harus yang standar.

Begitu pula dibutuhkan tenaga yang lebih banyak untuk ruangan isolasi. Pasalnya, untuk ruangan isolasi membutuhkan tenaga yang banyak. Misalnya untuk perawat harus tersendiri khusus yang bertugas di ruangan, bahkan sampai ke tukang membersihkan ruangan harus tersendiri.

“Meski dalam keterbatasan, namun jika ada pasien yang mengalami tanda-tanda Covid-19, bukan berarti kami harus menolak. Kami tetap lakukan pelayanan yang terbaik bagi pasien karena itu bagian dari tugas kami, bisa jadi kalau di Sampit atau Palangka Raya penuh dirujuk kesini ya harus kita terima," katanya.

Diinformasikan, untuk wilayah Kalteng RSUD rujukan penanganan corona ada 3 rumah sakit yaitu RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya RSUD dr Murjani Sampit dan RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru