Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tangani PDP Covid-19, RSUD Sultan Imanuddin Siapkan IGD Khusus

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Maret 2020 - 15:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Guna menjamin standar keamanan penanganan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Virus Corona atau Covid-19, RSUD  Sultan Imanudin Pangkalan Bun siapkan ruangan khusus Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk penanganan PDP yang di lengkapi dengan ruangan radiologi. 

Direktur RSSI Pangkalan Bun dr. Fachruddin, Selasa, 17 Maret 2020 menjelaskan ruangan khusus ini disiapkan sesuai  prosedur penanganan kasus Covid-19.

"Sehingga  bila ada pasien dengan tanda-tanda Covid-19 seperti batuk pilek dan lainnya, saat tiba di rumah sakit tidak di perbolehkan melalui IGD yang digunakan untuk pasien umum," jelas Fachruddin.

Sehingga, menurut Fachruddin, pasien yang datang ke RSUD langsung masuk ke IGD khusus sebelum ditangani secara khusus di ruang isolasi.

Di ruang IGD khusus ini, PDP tersebut segera ditangani oleh tim dokter bersama 10 tenaga medis yang sudah disiapkan.

"Dalam ruangan IGD khusus ini juga disiapkan sebuah ruangan radiologi yang juga tidak dicampur dengan pasien umum. Karena diperlukan pemeriksaan torax melalui rontgen bagi PDP tersebut," jelas Fachruddin.

Fachruddin menjelaskan, usai menjalani pemeriksaan di IGD khusus, PDP tersebut selanjutnya dibawa ke ruangan isolasi sebagai tahapan  lanjutan observasi medis.

"Diputuskannya apakah PDP tersebut positif atau negatif covid-19, tentunya harus menunggu hasil pemeriksaan Laboratorium Balai penelitian dan Pengembangan Kesehatan, milik Kementerian Kesehatan RI," jelas Fachruddin. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru