Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Dukcapil Barito Selatan Bakal Terapkan Pelayanan Dokumen Kependudukan Sistem Online

  • Oleh Uriutu
  • 17 Maret 2020 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil atau Disdukcapil Barito Selatan bakal menerapkan pelayanan kependudukan menggunakan sistem online.

"Pelayanan sistem online tersebut akan diterapkan dalam beberapa hari ke depan, menunggu Disdukcapil Provinsi Kalteng meng-update loket virtual pelayanan kependudukan," kata Kabid Piak dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Barsel, Noor Hidayat, Selasa, 17 Maret 2020.

Dia mengatakan, loket virtual itu nantinya akan diintegrasikan dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan SIAK Disdukcapil Barito Selatan.

Adapun dokumen yang akan dilayani dengan sistem online tersebut yakni, Kartu Kepala Keluarga (KK), akta-akta, termasuk juga Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL).

"Sistem online ini memudahkan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan dari rumah dengan meng-upload berkas persyaratannya melalui aplikasi itu," kata dia.

Setelah dokumen selesai dikerjakan sambung dia, pihaknya akan mengirim pesan melalui SMS kepada warga yang bersangkutan untuk mengambil dokumen kependudukan tersebut di Disdukcapil Barito Selatan.

Selain itu, pelayanan sistem online ini merupakan instruksi dari pusat, agar disdukcapil di daerah memiliki inovasi dalam pelayanan dokumen kependudukan.

"Intruksi terkait pelayanan sistem online ini sebelum mewabahnya virus Corona, dan petugas dari Disdukcapil Barito Selatan sebelumnya juga telah mengikuti pelatihan mengenai cara pengoperasian loket virtual itu," ucap dia.

Dia berharap sistem pelayanan kependudukan sistem online ini bisa segera diterapkan, sehingga mempermudah dalam pengurusan dokumen kependudukan. Selain itu, pelayanan sistem ini merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran covid 19. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru