DPRD Kotawaringin Barat Dukung Penutupan Wisata Taman Nasional Tanjung Puting Hingga Situasi Kondusif

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 17 Maret 2020 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Wakil Ketua ll DPRD Kobar, Bambang Suherman mendukung kebijakan Pemprov Kalteng menutup sementara seluruh tempat wisata, khususnya Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) sebagai langkah antisipasi mewabahnya virus corona (Covid-19).

Bambag menilai, upaya preventif yang dilakukan pemprov sangat tepat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 masuk ke Kalteng.

"Tentu saya sangat mendukung keputusan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang menutup seluruh tempat wisata selama dua pekan, dampak mewabahnya virus corona (Covid-19)," kata Bambang, Selasa, 17 Maret 2020.

Menurutnya, salah satu cara menangkal wabah dari Covid-19 ini agar tidak semakin meluas, yakni dengan membatasi masyarakat agar tidak bepergian ke tempat keramaian.

Meski demikian, ukuran hasil dari keputusan tersebut belum terlalu jelas. Namun dalam situasi darurat, memang harus ada keputusan yang ekstrem demi menyelematkan nyawa warga Kotawaringin Barat.

Sebelumnya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan keputusan penutupan seluruh lokasi wisata selama 14 hari untuk mengurangi interaksi warga di tempat ramai. Pasalnya, bersentuhan atau kontak langsung merupakan cara tercepat penularan Covid-19.

"Tujuannya untuk meminimalisasi kegiatan masyarakat di ruang-ruang terbuka yang penuh dengan warga, sehinga lebih memungkikan masyarakat untuk berinteraksi," pungkasnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru