Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Katingan: Pelanggaran HAM akan Berkurang Jika Manusia Saling Menghargai

  • Oleh Abdul Gofur
  • 18 Maret 2020 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Bupati Katingan, Sunardi Litang menyebut bahwa pelanggaran HAM bakal berkurang jika sesama manusia saling menghargai.

"Suasana tersebut bisa terwujud dengan adanya sikap toleransi, rendah hati, tidak memaksanakan kehendak, dan menerima keputusan kelompok dengan lapang dada," kata Sunardi Litang, saat membuka Sosialisasi Implementasi Kebebasan Berserikat dan Mengeluarkan Pendapat di aula badan kesbangpol, Selasa, 17 Maret 2020.

Jika sikap demikian dimiliki oleh semua orang, baik pemimpin atau rakyat, maka bangsa atau daerah yang bersangkutan bakal maju dan pelanggaran HAM dapat dikurangi.

Sementara itu, Sunardi Litang berharap pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini dapat berjalan dengan lancar.

"Dan saya juga mengucapkan terima kasih kepada para narasumber yang nantinya akan menyampaikan materi pada kegiatan ini, sehingga dapat meningkatkan pemahaman para peserta khususnya para generasi muda dalam hal implementasi kebebasan berserikat dan mengeluarkan pendapat," harap Wabup Sunardi.

Sementara itu, Kepala Badan  Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Katingan, Pransang dalam laporannya menuturkan, jika setiap orang memiliki hak atas kebebasan untuk mengekspresikan kepentingannya, akan tetapi kebebasan itu bukan berarti bebas tanpa batas.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam rangka meningkatkan pemahaman di kalangan generasi muda, untuk mengimplementasikan kebebasan berserikat dan mengeluarkan pendapat," kata Pransang. (ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru