Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Manokwari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Simulasi Tangani Pasien Virus Corona

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 Maret 2020 - 12:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pegawai RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas menggelar simulasi ketanggapan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi atau menangani pasien terindikasi virus corona atau Covid-19, Rabu 18 Maret 2020.

Simulasi ini melibatkan tim dari rumah sakit bersama PSC 119 Dinas Kesehatan Kapuas dan lainnya. Latihan ini juga disaksikan para dokter dan perawat, sehingga mengetahui penanganan sesuai prosedur.

Menggunakan alat pelindung diri (ADP) yang lengkap, petugas RSUD Kapuas melakukan pemeriksaan terhadap pasien yang terindikasi virus Covid-19 atau orang dalam pemantauan (ODP) yang memiliki gejala tertentu dan ada riwayat bepergian dari negara atau derah yang terjangkit Covid.

Pasien yang terindikasi ini setelah tiba di rumah sakit langsung dibawa ke ruang radiologi untuk menjalani pemeriksaan rontgen thorax.

"Kalau hasil rontgen itu setelah dibaca oleh dokter radiologi dan dokter spesialis penyakit dalam kalau dia terindikasi ke arah pneumonia, maka akan dinaikkan statusnya menjadi pasien dengan pengawasan (PDP)," ucap Direktur RSUD Kapuas, Agus Waluyo.

Kemudian pasien akan dirujuk ke RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya untuk penangan lebih lanjut.

"Untuk di Kalteng itu ada tiga rujukan, yaitu di RSUD dr Doris Sylvanus, dan RSUD dr Murjani Sampit, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun," jelasnya.

Dia berharap dengan dilakukannya simulasi ini ketanggapan dan kesiapan tim rumah sakit dalam menghadapi jika adanya pasien terindikasi dapat sesuai prosedur.

"Ini untuk latihan ketanggapan kesiapsiagaan RSUD seandainya ada seperti ini. Harapan kami mudahan-mudahan tidak ada dan tidak terjadi kasus ini di Kapuas," harapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru