Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Bentuk Tim Kesiapsiagaan Penanganan Awal Terkait Covid-19

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 Maret 2020 - 12:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas telah membentuk Tim untuk penanganan awal terkait Orang Dalam Pengawasan (ODP) atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) jika ditemui kasus covid-19 atau Corona di wilayah setempat.

"Tim di rumah sakit sudah kita bentuk, seandainya ada terjadi kasus apakah itu ODP atau PDP masuk rumah sakit jadi timnya sudah kita buat," ucap Direktur RSUD Kapuas Agus Waluyo kepada wartawan, Rabu, 18 Maret 2020.

Pihaknya juga sudah menentukan petugas-petugasnya, mulai dari yang menerima pasien, yang melakukan tindakan, hingga petugas yang akan melakukan rujukan tu sudah terbentuk.

"Sesuai dengan protokol yang diberikan oleh provinsi, tim Satgas kalau ada yang ODP akan dilakukan pemeriksaan ke sini (rumah sakit)," tuturnya.

Selain itu, ia menyebutkan saat ini Alat Pelindung Diri (ADP) untuk petugas medis di RSUD Kapuas sudah cukup lengkap, tetapi dari segi jumlahnya masih terbatas.

"Kami sudah berusaha untuk mengadakan supaya semakin banyak. Dan kita sudah meminta kepada Kemenkes untuk didropping ADP," tuturnya.

Untuk itulah, pihaknya juga sudah mengadakan simulasi ketanggapan dan kesiapsiagaan menghadapi pasien terindikasi Covid-19 atau Corona, agar tim tersebut mengetahui secara rinci tugasnya masing-masing pada penanganan awal.

"Hingga nantinya jika ada yang terindikasi covid-19 maka akan dirujuk ke rumah sakit rujukan yang sudah ditentukan, misalnya ke RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya," tuturnya.

Tetapi, ia berharap tidak ada ditemukan ataupun terindikasi kasus covid-19 di wilayah Kabupaten Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/m)

Berita Terbaru