Aplikasi Pilkada Berbasis Web & Mobile Apps

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Asisten I Setda Barito Selatan Sebut Bantuan Sosial Pangan Kurangi Beban Keluarga Tidak Mampu

  • Oleh Uriutu
  • 18 Maret 2020 - 17:35 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Asisten I Setda Barito Selatan, Fajar menyebutkan Bantuan Sosial Pangan atau BSP untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan pangan.

“Tujuan program BSP ini intinya agar tercapai untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin dan renta dalam memenuhi kebutuhan pangannya,” kata Fajar kepada Borneonews saat membuka sosialisasi BSP diaula Setda, Rabu, 18 Maret 2020.

Ia mengatakan, sosialisasi BSP ini salah satu upaya Pemkab Barsel agar dalam pelaksanaan pemberian bantuan nantinya berjalan dengan baik dan lancar serta tepat sasaran.

Ia juga menjelaskan, program BSP ini merupakan pengembangan dari Program Bantuan Pangan Nontunai atau BPNT sebagai program transformasi bantuan pangan untuk memastikan menjadi lebih tepat sasaran.

Serta, tepat jumlah, tepat waktu, tepat harga, tepat kualitas, dan tepat adminstrasi. Seperti halnya program BPNT.

”Kita berharap BSP ini juga dapat memberikan pilihan kepada penerima manfaat dalam memilih jenis, kualitas, harga dan tempat membeli bahan pangan,” ucap dia.

Dalam program ini, sambung dia, pemerintah meningkatkan nilai bantuan dan memperluas jenis komoditi yang dapat dibeli, sehingga tidak hanya berupa beras dan telur seperti pada program BPNT.

Namun juga komoditi lainnya yang mengandung sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati maupun vitamin dan mineral sebagai upaya dari pemerintah untuk memberikan akses Keluarga Penerima Manfaat terhadap bahan pokok dengan kandungan gizi lainya.

”Dalam sosialisasi ini juga diberikan edukasi mencakup produk dan tata cara penggunaan atau penarikan rekening bansos, manffat menabung dan perencanaan keuangan keluarga,” ucap dia.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh Kepala Desa dan Camat se Kabupaten Barito Selatan. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru