Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembahasan Program Prioritas pada Forum Perangkat Daerah Dibagi 4 Kelompok

  • Oleh Ramadani
  • 18 Maret 2020 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, Rabu 18 Maret 2020 menyampaikan bahwa dalam pembahasan program prioritas pembangunan pada forum perangkat daerah terbagi dalam 4 kelompok.

Di mana, papar Sugianto, kelompok pertama merupakan bagian fisik dan prasarana yang diketuai oleh Asisten Administrasi Umum Ir Inriaty Karawaheni dengan beranggotakan anggota DPRD, Dinas PUPR, Dinas PRKPP, Dishub, Dinas Kominfosandi, dan perwakilan kecamatan yang ada di Barito Utara.

Adapun keputusan dihasilkan yaitu Dinas PU akan memprioritaskan pembangunan akses infrastruktur jalan dan jembatan, Dinas Perhubungan prioritas pembangunan traffic light, pelabuhan dan sarana perhubungan air yang mendukung transportasi dari desa ke desa, Dinas PRKPP prioritas program penangan masalah kumuh, Dinas Kominfosandi prioritas program fokus penanganan kelurahan/desa blank spot (tidak ada sinyal).

Sementara, kelompok dua merupakan bagian ekonomi yang diketuai oleh Staf Ahli Bupati, Ledianto yang beranggotakan anggota DPRD, Dinas Nakertran Koperasi, UKM, Dinas DKPP, Dinas Pertanian, Dinas PMPTSP, Disdagrin, BPPD, BPKA, Disbudparpora, Dinas lingkungan hidup serta perwakilan semua Kecamatan di kabupaten Barito Utara.

“Keputusan yang dihasilkan yakni BPPD akan meningkatkan pelayanan untuk peningkatan PAD serta pemeliharaan dan pengembangan sistem aplikasi pendapatan, BPKA program prioritas peningkatan dan pengembangan pengelolaan barang milik daerah, Disbudparpora prioritas program retribusi di objek wisata perlu di iringi dengan pembangunan/peningkatan sarana dan prasarana pariwisata yang memadai, Dinas ketahanan pangan dan perikanan prioritas program melakukan percontohan tanaman holtikultura dan pengadaan bibit ikan lokal, Dinas Pertanian prioritas bantuan bibit sapi dan pengadaan bibit sawit,” ungkapnya.

Selanjutnya, kelompok tiga pada bidang sosial budaya yang diketuai oleh Staf ahli Bupati Melpadona beranggotakan anggota DPRD, Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat, Dinas pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas sosial PMD, Disdalduk KBP3A, Disdukcapil, Dinas Siptaka, Satpol PP dan Damkar, Bappedalitbang, BKPSDM, Bakesbangpol, BPBD, dan seluruh perwakilan kecamatan se-Kabupaten Barito Utara.

Keputusan menghasilkan catatan penting untuk Dinas BPPD dalam memprioritaskan program pemantauan banjir dan pembinaan kegiatan lomba desa dan kelurahan, Bapedalibang program prioritas RPJMD harus menjadi acuan RKPD dan di awal kegiatan APBD, Dinas Siptaka program prioritas peningkatan pengelolaan arsip secara benar.

Dan kelompok empat, lanjut dia, bagian perancangan awal RKPD yang diketuai oleh Asisten Kepemerintahan dan  Kesejahteraan Rakyat, Drs H Masdulhaq dengan beranggotakan Anggota DPRD dan Sekretaris Perangkat Daerah.

“Keputusan yang dihasilkan menyepakati rancangan RKPD Kabupaten Barito Utara Tahun 2021, menyepakati daftar usulan program dan kegiatan lintas perangkat daerah dan lintas wilayah,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru