Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Paser Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peresmian Ruangan Hemodialisa Ditunda, Dampak Dari Covid-19

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 18 Maret 2020 - 17:55 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun berencana akan meresmikan ruangan Hemodialisa pada, 18 Maret 2020 oleh Bupati Kobar Hj Nurhidayah. Namun lantaran kondisi saat ini sedang ada pandemik Covid-19, maka peresmian ditunda terlebih dulu.

Bupati Kobar Hj Nurhidayah menyampaikan, penundaan rencana peresmian lantaran saat ini sedang dalam keadaa kurang baik jika harua mengumpulkan orang banyak dalam satu tempat, mengingat sedang merebaknya Covid-19.

"Ruangan Hemodialisa semuanya sudah lengkap, baik tempat tidur dan peralatan cuci darahnya, namun untuk acara peresmian dan selamatannya bisa nanti jika semuanya sudah selesia masalah Covid-19 ini, dan ruangan Hemodialisa ini supaya digunakan saja dulu untuk kepentingan layanan pasien," ujar Nurhidayah, saat melihat ruangan Hemodialisa, Rabu, 18 Maret 2020.

Sebelumnya, Nurhidayah menyampaikan, bahwa ruangan khusus cuci darah ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat yang menjawab kebutuhan akan ruangan khusus cuci darah yang lebih besar. Pada akhirnya melalui APBN digelontorkan dana Rp 31 miliar. Ini mengingat RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun ini menjadi salah satu rumah sakit rujukan di Kalteng.

Sementara itu Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dr Fahruddin menyampaikan, ruangan Hemodialisa ini, sangat lengkap peralatannya dengan kapasitas tempat tidur sebanyak 21. Ruangan ini mampu menangani pasien cuci darah sehingga tidak perlu lagi cuci darah ke luar daerah.


"Fasilitas ruangan sudah diberikan layanan sebaik mungkin. Untuk perlengkapan ruangan, ada nurse call, sprinkle, soundsystem, jaringan pemadam, dan mesin pemadam dengan tekanan 20 bar dengan jangkauan 25 meter langsung bisa memadamkan api yang ada di sekitarnya. Namun kami pastinya akan terus meningkatkan layanan secara berkala," tutupnya. (DANANG)

Berita Terbaru