Bupati Lamandau Bentuk Gugus Tugas Corona

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 18 Maret 2020 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik -  Bupati Lamandau, Hendra Lesmana menyatakan akan segera membentuk Gugus Tugas Corona, sebagai upaya percepatan penanggulangan dan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Keputusan itu merupakan respon cepat Pemkab Lamandau atas keputusan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran yang secara resmi telah menetapkan status siaga pencegahan penyebaran virus corona atau covid- 19 di wilayah Kalimantan Tengah saat Video Conference dengan semua Kabupaten/Kota se Kalteng, Rabu 18 Maret 2020.

"Sebagaimana petunjuk dari pemerintah pusat dan juga provinsi, dimana wabah Covid-19 ini masuk dalam kategori bencana non alam, maka yang memimpin Gusus Tugas Corona adalah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD," kata Hendra Lesmana.

Adapun langkah kerja tim ini, mengacu kepada keputusan yang lebih tinggi yakni kebijakan Gubernur Kalteng dan Presiden RI, untuk mengambil langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Lamandau.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lamandau, Edison Dewel mengatakan pihaknya telah siap melaksanakan tugas sesuai arahan pimpinan daerah.

"Secepatnya kita akan mengadakan rapat pembentukan tim ini, termasuk membahas pembagian tugasnya. Tentunya kita juga akan terus berkoordinasi dengan satgas provinsi," kata Edison Dewel.

Dia juga memasatikan bahwa Gugus Tugas Corona Kabupaten Lamandau nantinya akan bekerja maksimal sesuai petunjuk provinsi dan pusat dalam mencegah dan menangani covid-19 di Kabupaten Lamndau. (HENDI NURFALAH/B-11)
 

Berita Terbaru