Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kendal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Stunting di Gunung Mas Dari Tahun ke Tahun Menurun

  • 18 Maret 2020 - 21:55 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kepala Dinas Kesehatan atau Dinskes Kabupaten Gunung Mas Maria Efianti menyebutan, presentase angka stunting di daerah itu dari tahun ke tahun mulai menurun.

Hal itu ia ungkapkan, usai pertemuan analisis situasi konveregensi pencegahan dan penanggulangan stunting Kabupaten Gunung Mas, di aula BP3D setempat, Rabu 18 Maret 2020.

"Berdasarkan data yang kami peroleh dari BPS, tahun 2018 itu persentase stunting sekitar 38 persen dan tahun 2019 sekitar 32 persen.  Jadi turun 6 persen dari tahun sebelumnya," katanya. 

Pada tahun 2020 ini, lanjutnya, Kabupaten Gunung Mas ditetapkan menjadi lokus penanganan stunting. Sesuai target nasional dan RPJMD ditahun 2024 angka stunting ditargetkan di bawah 20 persen. 

Terkait hal itu,  dia menyebutkan, ada delapan tahapan langkah yang sedang dan akan dilaksanakan pihaknya bersama seluruh lintas sektor. Di antaranya analisis situasi, rembuk stunting,  dan rencana kegiatan. 

Kemudian peraturan bupati terkait kewenangan desa dalam pencegahan stunting, pembinaan kader pembangunan manusia, manajemen data, pengukuran dan publikasi stunting, serta review kinerja tahunan. 

Dia menambahkan, kedelapan tahapan langkah pencegahan stunting tersebut harus dikerjakan dalam satu tahun berjalan. Saat ini satu langkah hampir selesai, kemudian berlanjut ke tahap berikutnya. 

"Kami berharap semua tahapan tersebut dapat diselesaikan pada tahun 2020 ini, dan pada bulan Juni nanti tahap keempat harus selesai. Saya minta semua lintas sektor sinergi dalam menyelesaikannya, sebab tugas ini tidak hanya tugas dinkes, namun tugas bersama," tuturnya. (HENDRA/m) 

Berita Terbaru