Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Banjarmasin Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Palangka Raya Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Maret 2020 - 10:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Cuaca yang terbilang ekstrem masih melanda Kota Palangka Raya. Meski beberapa hari ini cuaca panas melanda Kota Cantik, namun tetap saja diselingi dengan adanya hujan, bahkan dengan intensitas lebat. Seperti yang terjadi tadi malam, Rabu, 18 Maret 2020.

"Adanya hujan yang cukup lebat seperti tadi malam dapat berakibat pada timbulnya genangan air yang mampu meningkatkan kemungkinan munculnya penyakit demam berdarah dengue atau DBD," kata Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, M Hasan Busyairi, Kamis 19 Maret 2020.

Menurut Hasan, setiap tahun saat musim hujan kasus penyakit demam berdarah dengue hampir bisa dipastikan meningkat hampir di seluruh wilayah Indonesia dan tidak terkecuali di Kota Palangka Raya.

"Penyakit endemik Indonesia ini menyerang tidak kenal usia, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa. Tidak adanya vaksin yang terjangkau membuat penyakit DBD semakin marak terjadi, sehingga yang bisa dilakukan hanya mencegahnya terjadi," tegasnya.

Salah satu cara mencegahnya menurutnya dengan mencegah timbulnya jentik nyamuk setelah hujan turun.

"Jangan sampai ada wadah yang menampung air hujan dan terbuka sehingga menimbulkan jentik nyamuk. Nah ini kita minta masyarakat untuk waspada, karena hujannya juga hampir tidak terdeteksi. Dua hari panas sekali, tiba-tiba hujan, kita harus tetap waspada DBD," tuturnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru