Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buru Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ADB Berikan Paket Bantuan 6,5 Miliar Dolar AS Tanggap Wabah COVID-19

  • Oleh ANTARA
  • 19 Maret 2020 - 13:15 WIB

Jakarta (ANTARA) - Asian Development Bank (ADB) memberikan paket bantuan tahap awal senilai 6,5 miliar dolar AS untuk mengatasi keperluan mendesak dari negara-negara berkembang anggotanya dalam menghadapi pandemi virus corona atau COVID-19.

"Ini telah menjadi krisis global sehingga perlu aksi kuat di tingkat nasional kawasan dan dunia. Kami menyediakan dana pertolongan 6,5 miliar dolar AS untuk memenuhi kebutuhan dari negara-negara anggota,” kata Presiden ADB Masatsugu Asakawa dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Paket itu mencakup 3,6 miliar dolar AS untuk operasi sektor publik bagi kegiatan kesehatan dan ekonomi dalam menghadapi COVID-19 dan 1,6 miliar dolar AS untuk operasi sektor swasta bagi UMKM, perdagangan domestik, serta perusahaan terdampak secara langsung.

ADB juga akan memobilisasi sekitar 1 miliar dolar AS dari sumber daya konsesional melalui relokasi beberapa proyek yang sedang berlangsung dan mengkaji kemungkinan kebutuhan yang darurat.

“ADB akan menyediakan 40 juta dolar AS untuk bantuan teknis dan hibah yang dapat disalurkan dengan cepat,” katanya.

ADB akan menyesuaikan instrumen pendanaan dan bisnis proses untuk menyediakan paket dukungan pada negara-negara berkembang anggota secara cepat dan fleksibel.

Masatsugu menyatakan jika disetujui oleh Dewan Direktur ADB maka penyesuaian itu mempercepat akses terhadap bantuan darurat bagi perekonomian yang memiliki keterbatasan fiskal, prosedur yang lebih ringkas untuk pemberian pinjaman berbasis kebijakan, dan sistem pengadaan universal yang fleksibel.

ADB turut memperkuat kolaborasi dengan International Monetary Fund, the World Bank, World Health Organization, dan badan-badan pendanaan bilateral untuk memastikan implementasi yang efektif dari upaya tanggap COVID-19.

ADB telah menyediakan lebih dari 225 miliar dolar AS untuk memenuhi kebutuhan darurat baik dari pemerintah maupun perusahaan di negara anggotanya yang berkembang.

Tanggap COVID-19 yang diluncurkan ADB sampai sekarang termasuk hibah 2 juta dolar AS untuk memperkuat upaya pencegahan, deteksi, dan tindakan terhadap penyakit menular di China dan sub-kawasan Mekong pada 7 Februari.

Berita Terbaru