Komisi IV DPRD Kapuas Tinjau Kesiapan Rumah Sakit Terkait Covid-19

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 Maret 2020 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jajaran anggota Komisi IV DPRD Kapuas melakukan inspeksi mendadak (sidak) atau meninjau kesiapan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dalam penanganan awal terkait virus Corona atau Covid-19, pada Kamis, 19 Maret 2020.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Ahmad Baihaqi didampingi Anggotanya Kunanto, Mardani, dan Abdurahman Amur meninjau langsung kesiapan rumah sakit yang terletak di Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas.

Peninjauan diawali dengan melihat pelayanan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), yang saat ini sudah tersedia hand sanitizier bagi pengunjung untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Kemudian pihaknya juga memastikan kesiapan Alat Pelindung Diri (ADP), bagi perawat yang akan menangani jika ditemukannya kasus tersebut, sehingga sesuai dengan protap yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

"Tentu rumah sakit ini sangat dibutuhkan pelayanannya, setelah kami lihat tadi di sana sudah cukup siap," ucap Ketua Komisi IV DPRD Kapuas Ahmad Baihaqi seusai tinjauan.


Lebih lanjut, Politisi dari Partai Keadilan Bangsa (PKB) ini mengharapkan pihak rumah sakit juga bisa menambah ketersediaan masker maupun hand sanitizier atau tempat cuci tangan di lingkungan rumah sakit setempat.

"Misalnya seperti masker, ini perlu terus disediakan juga bagi keluarga pasien yang menemani," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat RSUD Kapuas Jamaluddin pihaknya sudah mempersiapkannya, diantaranya melakukan simulasi penanganan corona atau Covid-19. "Kami ucapkan terima kasih kepada jajaran Komisi IV DPRD Kapuas yang telah memberikan dukungan," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru