Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Siak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jelang Pilgub, Polres Barito Selatan Pererat Kerukunan Umat Beragama

  • Oleh Uriutu
  • 19 Maret 2020 - 17:25 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Menjelang pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur (Pilgug) Kalimantan Tengah 2020, Polres Barito Selatan mepererat kerukunan antar umat beragama di wilayah hukumnya.

Kapolres Barsel, AKBP Devy Firmansyah mengatakan, untuk lebih mempererat kerukunan antar umat beragama diwilayah Barsel, pihaknya melaksanakan Focus Group Discussion atau FGD dengan sejumlah tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

“Karena kita sama-sama tahu dalam setiap pesta demokrasi bahwa isu-isu agama sangat rawan,” kata Devy Firmasnyah kepada Borneonews usai FGD, Kamis, 19 Maret 2020.

Oleh sebab itu, lanjut dia, pihaknya mengumpulkan semua tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk bersama-sama sepakat untuk saling menjaga kerukunan umat beragama dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti adanya penyebaran isu-isu tentang agama, suku, ras dan lain sebagainya. Jadi pihaknya tetap mengatisipasi hal yang bisa merugikan semua pihak.

“Ini tetap kita lakukan walaupun Barsel selama ini aman karena kerukunan umat beragamanya sangat baik. Namun kita tetap waspada,” tandas dia.

Ia menegaskan, bahwa yang paling utama yakni kewaspadaan. Karena kelompok-kelompok seperti itu tetap ada.

Namun, lanjut dia, apabila semua kerukunan umat beragama  terjalin dengan baik maka, Insya Allah tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diingingkan.

“Saya telah meminta kepada sejumlah tokoh ini apabila ada hal-hal yang mencurigakan bisa menghubungi call center untuk melaporkannya kepada kita,” beber dia.

Nanti, sambung dia, akan ditindaklanjuti agar tidak menjadi konflik yang semakin meluas.

Berita Terbaru