Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Jember Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aparatur Desa Jangan Ikut Mengurus BUMDes

  • Oleh Naco
  • 19 Maret 2020 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Agus Seruyantara meminta agar aparatur desa jangan ikut mengurus badan usaha milik desa (BUMDes).

Selain itu, dia meminta agar dinas terkait mengevaluasi BUMDes yang tidak berjalan. Terlebih usaha yang dilaksanakan tidak sesuai dengan potensi daerah.

"BUMDes harus dikelola secara benar dan oleh orang yang profesional. Sehingga, dapat memiliki manfaat untuk desa terutama dalam meningkatkan pendapatan dan pembangunan," kata Agus, Kamis, 19 Maret 2020.

Menurutnya, bagi BUMDes yang masih belum maksimal, agar mendapatkan pendampingan dari pemerintah setempat. Dia yakin, jika BUMDes dilakukan pembenahan secara maksimal, maka akan mendongkrak pendapatan desa.

Agus menambahkan, BUMDes yang dibentuk hendaknya terpisah dari lingkaran aparatur pemerintah desa. Dikelola memang orang memiliki naluri usaha dan profesional. 

Dia pun mendorong pengelolaan BUMDes harus dievaluasi, sebab ada banyak yang tidak berjalan.

Pihak desa juga harus tegas mengevaluasi jika program BUMDes tidak berjalan sesuai harapan. Seperti mengevaluasi kepengurusannya.

"Saat ini banyak desa membentuk BUMDes, tapi tidak semua berjalan usahanya. Sehingga terbilang tidak aktif, dampaknya tidak dapat memberikan sumber pemasukan untuk desa," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru