Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ritual Mamapas Lewu Diadakan Jelang Peringatan Hari Jadi Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 20 Maret 2020 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ritual Adat Mamapas Lewu atau membersihkan kampung/kota diadakan, menjelang peringatan Hari Jadi ke-214 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-69 Pemkab Kapuas, sebagai bagian yang tak terpisahkan, dan dilaksanakan setiap tahunnya.

Rombongan memulai kegiatan dari Balai Basarah Kaharingan Jalan Melati Kuala kapuas menggunakan mobil pikap, menyusuri seputaran Jalan Kota Kuala Kapuas dan menyambangi sejumlah kantor dan rumah jabatan pada Jumat, 20 Maret 2020.

Ritual adat ini dibimbing oleh para Basir dengan berkeliling sambil membaca doa-doa dengan diiringi tabuhan katambung dan lantunan musik tradisional Kaharingan.

Tokoh Agama Hindu Kaharingan Kabupaten Kapuas, Sulatin menuturkan Mamapas Lewu sendiri dalam bahasa Dayak Kapuas Ngaju terbagi menjadi dua kata, mamapas atrinya menyapu dan lewu berarti kampung atau kota tempat tinggal manusia.

“Mamapas lewu dapat diartikan sebagai upacara membersihkan kampung, desa atau kota tempat tinggal yang mana sama pengertiannya dengan upacara tolak bala,” ucap Sulatin seusai kegiatan.


Kemudian, ia menambahkan sejak dulu pelaksanaan atau upacara ritualnya dilaksanakan oleh para Basir yaitu orang tertentu yang mempunyai kemampuan untuk berhubungan dengan roh-roh gaib penjaga alam, dengan menggunakan bahasa Sangiang atau bahasa khusus.

Adapun tempat-tempat yang dituju dalam Ritual Mamapas Lewu tersebut diantaranya Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kapuas, kantor Dinas Pendidikan, Bappeda.

Kemudian, ke kantor DPRD Kabupaten Kapuas, Rujab Ketua DPRD, Rujab Wakil Bupati, Kodim 1011/KLK, Kantor PDAM, Polres, Rujab Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Kantor Bupati Kapuas dan Betang Sei Pasah. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru