Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pulau Taliabu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banggar DPRD Kotim: Anggaran Untuk Corona di Kotim Belum Jelas

  • Oleh Naco
  • 21 Maret 2020 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Berapa alokasi anggaran gugus tugas pencegahan virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Timur, hingga kini masih belum diketahui.

Bahkan anggota Badan Anggaran DPRD Kotawaringin Timur, M Abadi juga  mengakui sejauh ini Pemkab Kotim melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) belum ada  membicarakan hal itu. 

"Khawatiran kita itu ada satgas namun tidak didukung anggaran maka itu akan jadi percuma," kata Abadi, Sabtu, 21 Maret 2020.


Abadi menyebutkan anggaran dimaksud untuk menyediakan  alat pengaman diri (APD) pihak pegawai yang menangani. Menyediakan wadah pencucian tangan hingga penyedian masker serta keperluan lainnya.


Ketua Fraksi PKB Kotim itu menyebutkan pihaknya mengapresiasi kesigapan pemerintah kabupaten membentuk gugus tugas penanganan dan pencegahan Covid-19 tersebut. 

"Namun, apabila dalam pelaksanaan tugasnya gugus tugas ini tidak disertai dengan pengalokasian anggaran maka akan percuma, Ini yang harus dipikirkan," tukasnya.


Salah satu contohnya seperti di RSUD Murjani Sampit, akibat tidak ada anggaran khusus yang teralokasi maka salah satu pasien dari Seruyan ditolak dan batal di rujuk di RSUD tersebut. 

Diungkapkan Abadi di APBD Kotim memang ada pos anggaran untuk tanggap darurat. Namun dana itu tentunya  dengan kondisi pandemi ini tidak akan ideal.

"Makanya muncul edaran dari Menkeu dan Mendagri itu karena pertimbngan dana tanggap darurat tidak akan mampu menangani  pandemi ini,” tukas dia.

Menurut Abadi, dalam Peraturan Menteri keuangan (PMK) no 7 tahun 2020 tentang pedoman perubahan kegiatan dalam rangka penanggulangan Covid -19. 

Berita Terbaru