Software Monitoring dan Evaluasi Pemenangan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jumlah ODP dan PDP Covid-19 di Kabupaten Kotawaringin Barat Meningkat

  • Oleh Wahyu Krida
  • 21 Maret 2020 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotawaringin Barat Achmad Rois, Sabtu, 21 Maret 2020, mengatakan, ada peningkatan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) di daerah ini.

Menurut Achmad Rois, jumlah PDP yang dirawat di ruang isolasi RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun saat ini sudah mencapai 6 orang.

"Pasien terakhir yang berasal dari Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar masuk ke ruang isolasi RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun, Jumat, 20 Maret 2020 sore. Rinciannya, di ruang karantina 4 pasien dari Kobar, 1 dari Sukamara, dan 1 dari Lamandau," jelas Rois yang juga Juru Bicara Penanggulangan dan Pencegahan Virus Corona atau Covid-19 Kabupaten Kobar tersebut.

Menurut Rois, berdasarkan catatan riwayat perjalanan, 4 PDP asal Kabupaten Kobar ternyata pernah dalam 1 pesawat dari Jakarta pada 13 Maret 2020.

Selain itu, Rois menjelaskan, berdasarkan pemantauan petugas kesehatan di Puskesmas dan lainnya, data terakhir menunjukkan terdapat peningkatan jumlah ODP di Kobar.

"Saat ini jumlah ODP meningkat. Setelah sehari  sebelumnya berjumlah 25 orang, kini mencapai 41 orang. Perkembangan mereka akan dipantau selama 14 hari oleh petugas kesehatan," kata dia.

Dari pantauan tersebut, menurut, Rois bakal digali informasi dari daerah terjangkit mana mereka pernah bepergian.

"Bila selama dalam pemantauan ODP tersebut diketahui di ada gangguan pernafasan, maka akan langsung dibawa ke ruangan Isolasi," jelas Rois. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru