Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Doni Monardo: Presiden Jokowi Menginstruksikan Tak Ada Lockdown

  • Oleh Tempo.co
  • 22 Maret 2020 - 11:16 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal Doni Monardo, menegaskan tak akan ada Lockdown untuk mencegah penyebaran Corona.

"Sekali lagi saya tegaskan, Pemerintah dalam hal ini adalah Presiden Jokowi yang juga telah memberikan instruksi kepada Kepala Gugus Tugas, tidak ada Lockdown," kata Doni Monardo lewat video yang diterima Tempo, Sabtu 21 Maret 2020.

Doni mengatakan untuk mengantisipasi penyebaran Corona yang paling penting adalah dengan menerapkan social distancing dan dilarang berkumpul.

"Kalau ini bisa dilakukan maka akan mengurangi masyarakat yang terpapar," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini.

Dia meminta meski di dalam rumah masyarakat untuk tetap menjaga jarak. Sebab bisa saja di dalam keluarga ada yang menjadi pembawa Corona.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan UU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan sebenarnya menjelaskan tentang lockdown.

“Lockdown itu bahasa media dan bahasa publik yang sudah terlanjur dikenal. UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan menyebutkan empat jenis pembatasan,” kata Tito, selepas rapat konsolidasi penanganan Covid-19 bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Rabu, 18 Maret 2020.

Tito mengatakan pertama, karantina rumah. Artinya orang tidak boleh keluar rumah. Misalnya, mereka yang sudah masuk dalam kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Kedua, karantina rumah sakit. Selanjutnya, karantina wilayah.

“Ketiga adalah karantina wilayah. Inilah yang dikenal dengan istilah lockdown,” katanya. “Keempat, adalah pembatasan sosial berskala besar,” katanya.

Tito mengatakan, kewenangan untuk memutuskan karantina wilayah dan pembatasan sosial dalam skala besar ada pada Menteri Kesehatan.

Berita Terbaru