Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bekerja dari Rumah dan Transaksi Elektronik BNI, Mandiri, BRI

  • Oleh Teras.id
  • 23 Maret 2020 - 07:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Kebijakan bekerja dari rumah dan pembatasan interaksi sosial (social distancing) berdampak pada naiknya transaksi elektronik perbankan di beberapa bank.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. misalnya. Bank ini mencatatkan kenaikan transaksi elektronik sebesar 6 persen sampai 9 persen pada minggu ketiga Maret 2020 dibandingkan dengan periode sama bulan lalu.

Senior Vice President Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi mengatakan rata-rata volume transaksi layanan mobile dan internet banking personal (Mandiri Online) pekan lalu relatif stabil dibandingkan dengan rata-rata transaksi minggu pertama dan minggu kedua Maret 2020. Namun, jika dibandingkan dengan pekan ketiga bulan sebelumnya memang terjadi peningkatan.

Padahal, umumnya di pekan ketiga setiap bulan, transaksi mengalami tren penurunan sebesar 5 persen-8 persen dari rata-rata transaksi minggu pertama dan kedua bulan tersebut.

Sementara itu, untuk layanan transaksi mobile atau internet banking yang digunakan pengguna bisnis, nominal transaksi pekan lalu tercatat mengalami peningkatan cukup tinggi sekitar 23 persen dibandingkan dengan pekan pertama dan kedua Maret 2020.


"Untuk layanan e-channel lainnya seperti transaksi EDC di merchant dan e-money cenderung mengalami penurunan transaksi. Hal ini sejalan dengan kebijakan work from home dan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan social distancing," katanya kepada Bisnis, Minggu, 22 Maret 2020.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengatakan seiring dengan penyebaran virus corona Covid-19) dan imbauan work from home, kunjungan nasabah ke cabang memang mengalami penurunan.

Meskipun demikian, secara umum, sebanyak 95 persen transaksi nasabah Bank Mandiri saat ini memang telah beralih ke electronic channel, sedangkan 5 persen lainnya bertransaksi di kantor cabang.

"Terkait dengan upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19), Bank Mandiri menyarankan nasabah dapat menggunakan aplikasi Mandiri Online terbaru yang dapat melayani berbagai kebutuhan transaksi keuangan nasabah," katanya kepada Bisnis, akhir pekan lalu.

BNI
Peningkatan transaksi elektronik banking tidak hanya dirasakan Bank Mandiri. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk pun mencatat lonjakan jumlah transaksi BNI Mobile Banking sebesar 52,46 persen dan nominal transaksi sebesar 61,59 persen dari minggu lalu hingga minggu ini atau selama imbauan bekerja dari rumah serta social distancing.

Berita Terbaru